Selasa, 31 Maret 2009

KONSEP INFORMASI DAN TEKNIK PENGGUMPULAN DATA

KONSEP INFORMASI

Informasi adalah data yang telah tersusun dalam suatu bentuk yang dapat dipahami dan digunakan oleh manusia (Laudon dan Laudon, 1998). Informasi adalah data yang telah diproses dalam suatu bentuk yang dapat dipahami sipenerimanya (David dan Olson, 1985). Hjørland (2000) mengutip pendapat Buckland menyampaikan hasil analisis konsep informasi yaitu kata informasi dapat dipakai berkisar terhadap sesuatu hal, berkisar pada proses, dan berkisar pada pengetahuan.

Hjørland (1997) menyimpulkan bahwa analisa konsep aspek informasi tersebut diatas menyiratkan bahwa obyek informasi mestinya tidak hanya dianalisa dan diuraikan menurut asal usul katanya secara obyektif karena tidak cukup untuk menguraikan informasi menurut prinsip-prinsip yang universal dan tetap, karakteristik-karakteristik yang tidak bisa dipisahkan dari pengetahuan. Oleh karena itu informasi harus dianalisa, diuraikan dan mewakili sistem informasi secara situasional, praktis dan ukuran-ukuran spesifik sesuai lingkup pembahasannya atau keberadaannya.

Borko (1968) dan Griffith (1980) menyatakan bahwa definisi ilmu informasi yang digunakan oleh American Society for Information Science and Technology adalah Information science is concerned with the generation, collection, organization, inter¬pretation, storage, retrie¬val, dissemination, transfor¬mation and use of infor¬mation, with particular emphasis on the applica¬tions of modern technologies in these areas “Ilmu pengetahuan informasi mempunyai urusan yang berhubungan dengan generasi, koleksi, organisasi, interpretasi, ruang simpan, pencarian, penyebaran, transformasi dan penggunaan informasi, dengan penekanan tertentu pada aplikasi teknologi modern dalam area-area ini”.

CRM National Park Service US Department of Interior (1999, h.48) memberikan pengertian informasi adalah Information: Refers to data that has a clear link to a purpose or context, which requires a clear definition, a unit of analysis, and a layer of human interpretation or mediation. To be useful in a computer environment, information requires clear agreement on definitions and communications standards.

Terminologi informasi oleh CCSDS 650.0-B-1 (2002, h.10) dalam Reference Model for an Open Archival Information System (OAIS) diartikan sebagai Any type of knowledge that can be exchanged. In an exchange, it is represented by data. Often the representation used is not fully known to the recipient of the data and the data must be accompanied by explicit Representation Information, understandable to the recipient, that is used to interpret the data. An example is a string of bits (the data) accompanied by a description of how to interpret a string of bits as numbers representing temperature observations measured in degrees Celsius (the representation information).
Menurut AIIM standar (2003, h.10) informasi adalah A collection of data objects presented with definitions in a form suitable for the intended audience. Effectively then: Information = Data Object + Definition + Presentation.

Williams dan Sawyer (2001, h.28), mengartikan informasi sebagai data yang telah dijumlahkan atau telah dimanipulasi untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.
Gillman dan Farance (2006, h.10) menyatakan bahwa istilah informasi dalam komunikasi pemanfaatannya sangat luas dan longgar karena informasi dapat berada dimanapun, termasuk internet sebagai informasi berkecepatan tinggi. Semua media dapat sebagai pembawa informasi. Mengacu pendapat Shannon (1948) dan Langefors (1998) yang menyatakan informasi adalah interpretasi dari data dan memiliki pengertian fungsi, memiliki persamaan infologikal (infological equation), menjelaskan pengertian berdasar interpretasi. Persamaan infologikal tersebut yaitu :
I = i ( D, S, T) …………………………………………………… (2.1)
Keterangan :
I = Informasi (Information)
D = Data
S = Pengetahuan awal (pre-knowledge)
T = Waktu (Time)
i = fungsi penginterpretasian (Interpteration function)
Secara umum pengetahuan awal (pre-knowledge) merupakan seluruh pengalaman hidup seseorang yang digunakan sebagai dasar membuat interpretasi. Konsekuensinya pada data yang sama, dalam waktu yang bersamaan seseorang dapat memberikan interpretasi yang berbeda. Kesimpulan pengertian informasi secara ringkas oleh Gillman dan Farance (2006, h.11), informasi merupakan representasi dari datum dalam suatu konteks.
Menurut ensiklopedia manajemen edisi ke-5 (2006, h.155-156) dengan mengacu pada Ralph M. Stair dalam bukunya yang berjudul Principles of Information System, disebutkan agar informasi dapat memiliki nilai maka informasi harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
1. Accurate: Accurate information is free from error.
2. Complete: Complete information contains all of the important facts.
3. Economical: Information should be relatively inexpensive to produce.
4. Flexible: Flexible information can be used for a variety of purposes, not just one.
5. Reliable: Reliable information is dependable information.
6. Relevant: Relevant information is important to the decision-maker.
7. Simple: Information should be simple to find and understand.
8. Timely: Timely information is readily available when needed.
9. Verifiable: Verifiable information can be checked to make sure it is accurate.

Floridi (2005, h.352) dalam risetnya menyampaikan tipe spesifik informasi dalam standar definisi informasi (SDI = Standard definition of Information) yang disebut alethic nature, yang secara singkat disebut sebagai DOS (declarative, objective, semantic) informasi. Definisi DOS informasi yang didukung adalah data + meaning.
Pierce-Moses (2005) memberikan definisi informasi menurut Society of American Archivists sebagai berikut: n. ~ 1. A collection of data, ideas, thoughts, or memories. – 2. The meaningful portion of a signal, as distinguished from noise. – 3. Law Formal criminal charges against an individual made by a prosecutor without a grand jury.
Preston (2007) dalam simposium proyek InterPARES 2 mendefinisikan informasi adalah suatu pesan yang direncanakan/diharapkan untuk komunikasi melintasi batas waktu atau ruang (information is a message intended for communication across space or time

Tidak ada komentar:

Posting Komentar